bblr menurut who

BBLLR Menurut WHO: Pentingnya, Kelebihan, Kekurangan, dan Panduan

Halo selamat datang di kasatmata.co.id

Selamat datang di kasatmata.co.id, platform informasi kesehatan tepercaya. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang BBLLR (Bedah Bariatric dan Metabolisme) menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). BBLLR adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengobati obesitas tingkat tinggi, dan menjadi topik hangat dalam dunia medis akhir-akhir ini. Mari kita eksplorasi bersama pentingnya, kelebihan, kekurangan, dan panduan lengkap tentang BBLLR menurut WHO.

Pendahuluan

Obesitas telah menjadi masalah kesehatan global yang mengkhawatirkan, dengan jutaan orang di seluruh dunia berjuang melawan kelebihan berat badan dan obesitas. Obesitas meningkatkan risiko berbagai penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker tertentu. BBLLR menawarkan harapan baru bagi individu yang mengalami obesitas berat dan tidak berhasil menurunkan berat badan melalui upaya gaya hidup tradisional.

WHO telah memberikan panduan dan rekomendasi penting mengenai BBLLR, mengakui peran pentingnya dalam pengelolaan obesitas berat. Organisasi ini menekankan perlunya pendekatan yang aman dan efektif untuk operasi bariatrik, dengan mempromosikan standar perawatan yang komprehensif. Panduan WHO menjadi rujukan bagi para profesional kesehatan di seluruh dunia dalam memberikan layanan pembedahan bariatrik yang berkualitas.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas isi dari panduan WHO tentang BBLLR, mengeksplorasi pentingnya, kelebihan, dan kekurangan dari prosedur ini. Kita juga akan membahas kriteria kelayakan, panduan praktis, dan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan hasil yang optimal.

Pengertian BBLLR

BBLLR adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengobati obesitas berat. Tujuan dari BBLLR adalah untuk membantu individu menurunkan berat badan secara signifikan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Prosedur ini melibatkan modifikasi anatomi sistem pencernaan, sehingga membatasi asupan makanan dan penyerapan nutrisi.

Jenis-Jenis BBLLR

Ada beberapa jenis BBLLR, masing-masing dengan pendekatan unik dalam mengobati obesitas. Jenis BBLLR yang paling umum meliputi:

  • Gastrektomi lengan laparoskopi (LSG): Operasi ini melibatkan pengangkatan sebagian besar lambung, sehingga menciptakan kantong lambung yang lebih kecil dan membatasi asupan makanan.
  • Bypass lambung laparoskopi Roux-en-Y (LRYGB): Prosedur ini mengalihkan sebagian besar lambung dan menghubungkannya dengan usus kecil, menciptakan jalan pintas yang mengurangi penyerapan nutrisi.
  • Operasi penggantian duodenal-switch (DS): Prosedur ini menggabungkan gastrektomi lengan dengan alih rute usus, menghasilkan penurunan asupan makanan dan penyerapan nutrisi yang lebih signifikan.

Indikasi BBLLR

BBLLR direkomendasikan untuk individu yang mengalami obesitas berat dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) 40 atau lebih, atau IMT 35 atau lebih dengan komorbiditas terkait obesitas, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, atau apnea tidur obstruktif. Kriteria kelayakan lainnya meliputi:

  • Gagal menurunkan berat badan secara signifikan melalui upaya gaya hidup selama setidaknya 6 bulan.
  • Memiliki motivasi dan kesiapan psikologis untuk menjalani prosedur dan perubahan gaya hidup yang diperlukan.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit medis yang dapat meningkatkan risiko operasi atau pemulihan.

Kontraindikasi BBLLR

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menjadi kontraindikasi untuk BBLLR, termasuk:

  • Obesitas parah (IMT lebih dari 50)
  • Gangguan makan yang aktif
  • Penyalahgunaan zat
  • Kondisi medis yang tidak terkontrol, seperti penyakit jantung tingkat lanjut, penyakit paru-paru, atau penyakit hati
  • Kehamilan atau menyusui

Kelebihan BBLLR

BBLLR telah terbukti memberikan sejumlah kelebihan, di antaranya:

  1. Penurunan Berat Badan Signifikan: BBLLR dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan dan berkelanjutan, membantu individu mencapai berat badan yang sehat.
  2. Peningkatan Kesehatan: BBLLR dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker tertentu.
  3. Peningkatan Kualitas Hidup: Penurunan berat badan dan peningkatan kesehatan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan mobilitas, energi, dan harga diri.

Kekurangan BBLLR

Penting untuk menyadari potensi kekurangan BBLLR, di antaranya:

  1. Risiko Bedah: Seperti semua prosedur pembedahan, BBLLR memiliki risiko terkait, termasuk perdarahan, infeksi, dan komplikasi lainnya.
  2. Kekurangan Nutrisi: BBLLR dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, sehingga diperlukan pemantauan dan suplementasi yang cermat.
  3. Efek Jangka Panjang: Dampak jangka panjang BBLLR sedang diselidiki, namun dapat mencakup risiko mengembangkan batu empedu, refluks asam, dan hernia.
Informasi Lengkap tentang BBLLR Menurut WHO
Kategori Informasi
Definisi Pembedahan yang dilakukan untuk mengobati obesitas berat
Tujuan Membantu individu menurunkan berat badan secara signifikan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
Jenis Gastrektomi lengan laparoskopi (LSG), Bypass lambung laparoskopi Roux-en-Y (LRYGB), Operasi penggantian duodenal-switch (DS)
Kandidat Ideal IMT 40 atau lebih, atau IMT 35 atau lebih dengan komorbiditas terkait obesitas
Kontraindikasi Obesitas parah, gangguan makan aktif, penyalahgunaan zat, kondisi medis yang tidak terkontrol
Kelebihan Penurunan berat badan signifikan, peningkatan kesehatan, peningkatan kualitas hidup
Kekurangan Risiko bedah, kekurangan nutrisi, efek jangka panjang yang belum sepenuhnya diketahui

FAQ tentang BBLLR

  1. Apa saja jenis-jenis BBLLR?
  2. Siapa yang merupakan kandidat yang baik untuk BBLLR?
  3. Apa risiko yang terkait dengan BBLLR?
  4. Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk BBLLR?
  5. Apa yang diharapkan setelah BBLLR?
  6. Berapa biaya BBLLR?
  7. Apakah BBLLR dijamin berhasil?
  8. Apa saja alternatif selain BBLLR?
  9. Bagaimana cara menemukan ahli bedah bariatrik yang berkualifikasi?
  10. Apa saja komplikasi jangka panjang yang mungkin timbul dari BBLLR?
  11. Bagaimana cara mempertahankan hasil penurunan berat badan setelah BBLLR?
  12. Apakah BBLLR cocok untuk semua orang yang mengalami obesitas?
  13. Bagaimana cara mengakses layanan BBLLR di negara saya?

Kesimpulan

BBLLR merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk individu yang mengalami obesitas berat dan gagal menurunkan berat badan secara signifikan melalui upaya gaya hidup tradisional. Panduan WHO memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk memastikan pendekatan yang aman dan standar perawatan yang tinggi dalam operasi bariatrik.

Meskipun BBLLR menawarkan banyak manfaat potensial, penting untuk menyadari potensi risiko dan kekurangannya. Individu yang mempertimbangkan BBLLR harus berkonsultasi dengan ahli bedah bariatrik yang berkualifikasi untuk membahas pilihan mereka dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan kebutuhan dan tujuan kesehatan mereka.

Dengan pendekatan multidisiplin yang melibatkan ahli bedah, ahli gizi, dan profesional kesehatan lainnya, BBLLR dapat membantu individu mengatasi tantangan obesitas berat dan mencapai hasil kesehatan jangka panjang yang positif.

Call To Action

Jika Anda bergumul dengan obesitas berat dan telah mencoba berbagai upaya gaya hidup tanpa keberhasilan yang signifikan, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli bedah bariatrik untuk mengeksplorasi apakah BBLLR mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan pengetahuan dan bimbingan yang tepat, Anda dapat mengambil langkah menuju transformasi kesehatan yang mengubah hidup.