puasa hari apa menurut nu

Kata Pengantar

Halo selamat datang di kasatmata.co.id. Puasa merupakan salah satu ibadah penting dalam ajaran agama Islam. Pada umumnya, umat Muslim berpuasa selama bulan Ramadhan. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat juga jenis puasa lain yang dianjurkan oleh Nahdlatul Ulama (NU)? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang puasa hari apa menurut NU serta kelebihan dan kekurangannya.

Pendahuluan

PUASA adalah ibadah menahan diri dari makan, minum, dan hubungan seksual mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Selain puasa Ramadhan yang wajib dijalankan, Islam juga menganjurkan umat Muslim untuk menjalankan puasa sunah. Ada banyak jenis puasa sunah, salah satunya adalah puasa hari apa menurut NU.

Nahdlatul Ulama (NU) merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. NU memiliki pandangan tersendiri mengenai beberapa hal dalam ajaran Islam, termasuk mengenai puasa. NU berpendapat bahwa terdapat beberapa hari dalam sepekan yang dianjurkan untuk berpuasa.

Tujuan utama puasa adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, melatih kesabaran, meningkatkan disiplin diri, serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Puasa juga dapat mendatangkan manfaat kesehatan, seperti menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Kelebihan Puasa Hari Apa Menurut NU

Terdapat beberapa kelebihan puasa hari apa menurut NU, antara lain:

1. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW

Puasa hari apa menurut NU merupakan salah satu bentuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Puasa adalah salah satu ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT. Dengan menjalankan puasa, kita dapat mendekatkan diri kepada-Nya dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

3. Melatih Kesabaran dan Disiplin Diri

Puasa merupakan latihan kesabaran dan disiplin diri. Dengan berpuasa, kita belajar untuk menahan hawa nafsu dan mengendalikan keinginan kita.

4. Membersihkan Diri dari Dosa-Dosa

Puasa dapat membantu membersihkan diri kita dari dosa-dosa yang telah diperbuat. Rasulullah SAW bersabda, “Puasa itu adalah perisai. Jika salah seorang di antara kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor dan janganlah berbuat gaduh. Dan jika ada orang yang memakinya atau mengajaknya berkelahi, maka hendaklah ia mengatakan, ‘Aku sedang berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Puasa hari apa menurut NU dapat memberikan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka ia akan diampuni dosanya selama dua tahun.” (HR. Tirmidzi)

Kekurangan Puasa Hari Apa Menurut NU

Selain kelebihan, puasa hari apa menurut NU juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Dapat Melemahkan Tubuh

Puasa dapat melemahkan tubuh, terutama jika dilakukan secara berlebihan atau dalam kondisi tertentu, seperti sedang sakit atau hamil. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan jadwal puasa dengan kondisi tubuh masing-masing.

2. Dapat Mengganggu Aktivitas Sehari-Hari

Puasa dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika dilakukan pada hari kerja atau hari yang membutuhkan banyak aktivitas fisik. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan dan aktivitas dengan baik.

3. Tidak Dianjurkan untuk Orang Tertentu

Puasa tidak dianjurkan untuk orang-orang tertentu, seperti anak-anak, orang tua, orang sakit, dan wanita hamil atau menyusui. Hal ini dikarenakan puasa dapat membahayakan kesehatan mereka.

Tabel Informasi Puasa Hari Apa Menurut NU

Hari Keutamaan Hadits Pendukung
Senin Mendapat pengampunan dosa selama dua tahun HR. Tirmidzi
Kamis Mendapat pengampunan dosa selama dua tahun HR. Tirmidzi
Jumat Hari yang diberkahi HR. Muslim
Sabtu Hari yang baik untuk bersedekah HR. Ibnu Majah
Ahad Hari untuk istirahat HR. Abu Daud

FAQ tentang Puasa Hari Apa Menurut NU

  1. Apa hari terbaik untuk berpuasa menurut NU?

    Senin dan Kamis

  2. Bolehkah berpuasa pada hari Jumat saja?

    Tidak dianjurkan, karena Jumat adalah hari yang diberkahi

  3. Apakah boleh berpuasa pada hari Sabtu dan Ahad?

    Boleh, tetapi tidak seutama hari Senin dan Kamis

  4. Apakah puasa hari apa menurut NU hanya dilakukan pada bulan tertentu?

    Tidak, dapat dilakukan kapan saja

  5. Apakah ada dampak negatif dari puasa hari apa menurut NU?

    Dapat melemahkan tubuh jika dilakukan secara berlebihan atau dalam kondisi tertentu

  6. Apakah puasa hari apa menurut NU wajib dilakukan?

    Tidak, bersifat sunnah

  7. Bagaimana cara menjaga kesehatan saat berpuasa hari apa menurut NU?

    Menyesuaikan jadwal puasa dengan kondisi tubuh, mengatur pola makan, dan istirahat yang cukup

  8. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat membantu menurunkan berat badan?

    Iya, dapat membantu menurunkan berat badan jika diimbangi dengan pola makan sehat

  9. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat meningkatkan kesehatan jantung?

    Iya, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

  10. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat meningkatkan fungsi otak?

    Iya, dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi

  11. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat mengurangi stres?

    Iya, dapat membantu mengurangi hormon stres

  12. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat meningkatkan kualitas tidur?

    Iya, dapat membantu meningkatkan produksi melatonin

  13. Apakah puasa hari apa menurut NU dapat memperpanjang umur?

    Ya

Kesimpulan

Puasa hari apa menurut NU merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Puasa ini memiliki banyak kelebihan, antara lain mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, mendekatkan diri kepada Allah SWT, melatih kesabaran dan disiplin diri, membersihkan diri dari dosa-dosa, serta mendapat pahala yang berlipat ganda.

Namun, puasa hari apa menurut NU juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain dapat melemahkan tubuh, mengganggu aktivitas sehari-hari, dan tidak dianjurkan untuk orang tertentu. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan jadwal puasa dengan kondisi tubuh masing-masing dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.

Dengan menjalankan puasa hari apa menurut NU dengan ikhlas dan sesuai dengan syariat, kita dapat memperoleh banyak manfaat baik secara spiritual maupun kesehatan. Mari kita jadikan puasa sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang puasa hari apa menurut NU. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ustadz atau kyai terpercaya jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan tentang puasa. Tetap semangat dalam beribadah dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan hidayah kepada kita semua. Amin.