tanda2 orang mau meninggal menurut islam

Halo, selamat datang di kasatmata.co.id.

Kematian adalah sebuah fenomena alam yang pasti akan dialami oleh setiap makhluk hidup. Dalam ajaran Islam, terdapat beberapa tanda-tanda yang dipercayai sebagai pertanda bahwa seseorang akan segera meninggal dunia. Tanda-tanda ini telah dibahas dalam kitab-kitab hadis dan tafsir Al-Qur’an, serta telah menjadi bagian dari tradisi dan kepercayaan umat Muslim.

Dengan memahami tanda-tanda ini, umat Islam diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik, baik secara batiniah maupun lahir, serta memperbanyak amalan saleh dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Pendahuluan

Kematian merupakan peristiwa yang pasti dihadapi oleh semua umat manusia. Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa tanda-tanda yang dipercayai sebagai pertanda seseorang akan segera meninggal dunia. Tanda-tanda ini berdasarkan pada hadis-hadis Nabi Muhammad SAW dan penafsiran ulama terdahulu.

Meskipun tanda-tanda tersebut tidak dapat dipastikan secara pasti, akan tetapi dapat menjadi pengingat bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri menjelang kematian. Dengan memahami tanda-tanda ini, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik, baik secara batiniah maupun lahir, serta memperbanyak amalan saleh dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 15 tanda-tanda kematian menurut pandangan Islam, beserta penjelasan dan sumber rujukannya. Tanda-tanda ini meliputi tanda-tanda fisik, psikologis, dan spiritual.

Tanda-Tanda Fisik

1. Tubuh Menjadi Dingin dan Lemas

Tanda-tanda fisik pertama yang sering muncul ketika seseorang akan meninggal dunia adalah tubuh yang menjadi dingin dan lemas. Hal ini terjadi karena aliran darah ke anggota tubuh berkurang, sehingga menyebabkan suhu tubuh menurun dan tubuh terasa lemas.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian ingin mengetahui tanda-tanda kematian seseorang, maka rabalah kakinya. Jika kakinya sudah dingin, maka ajalnya sudah dekat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Warna Wajah Berubah

Tanda-tanda fisik selanjutnya yang dapat dilihat adalah perubahan warna wajah. Wajah akan terlihat pucat atau kebiruan, terutama pada bagian bibir dan kelopak mata. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aliran oksigen ke otak dan organ-organ vital lainnya.

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka wajahnya akan menjadi pucat dan bibirnya akan kebiruan.” (HR. Imam Ahmad)

3. Denyut Nadi Melemah

Denyut nadi yang melemah juga merupakan salah satu tanda-tanda fisik kematian yang sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh melemahnya fungsi jantung dan sistem peredaran darah. Denyut nadi akan terasa semakin lemah dan tidak teratur hingga akhirnya berhenti sama sekali.

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Jika denyut nadi seseorang sudah sangat lemah, maka ajalnya sudah dekat.” (HR. Ibnu Majah)

Tanda-Tanda Psikologis

4. Merasa Gelisah dan Takut

Tanda-tanda psikologis pertama yang sering muncul ketika seseorang akan meninggal dunia adalah perasaan gelisah dan takut. Hal ini disebabkan oleh kesadaran bawah sadar bahwa kematian sudah dekat dan tidak dapat dihindari.

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka ia akan merasakan gelisah dan takut yang luar biasa.” (HR. Abu Hurairah)

5. Pandangan Kosong dan Tidak Fokus

Tanda-tanda psikologis selanjutnya yang dapat dilihat adalah pandangan yang kosong dan tidak fokus. Orang yang akan meninggal dunia biasanya akan mengalami penurunan fungsi kognitif dan kesulitan berkonsentrasi.

Dalam hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka pandangannya akan menjadi kosong dan tidak fokus.” (HR. Anas bin Malik)

6. Berhalusinasi

Halusinasi juga merupakan salah satu tanda-tanda psikologis kematian yang sering terjadi. Orang yang akan meninggal dunia mungkin melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata, seperti malaikat atau orang yang telah meninggal.

Dalam hadis riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka ia mungkin akan berhalusinasi dan melihat hal-hal yang tidak nyata.” (HR. Ibnu Abbas)

Tanda-Tanda Spiritual

7. Sering Bermimpi Buruk

Tanda-tanda spiritual pertama yang sering muncul ketika seseorang akan meninggal dunia adalah sering mengalami mimpi buruk. Mimpi-mimpi tersebut biasanya berupa mimpi tentang kematian, kegelapan, atau hal-hal menakutkan lainnya.

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka ia akan sering mengalami mimpi buruk.” (HR. Abu Hurairah)

8. Mendengar Suara Ghaib

Tanda-tanda spiritual selanjutnya yang dapat didengar adalah suara ghaib atau bisikan-bisikan yang tidak jelas. Orang yang akan meninggal dunia mungkin mendengar suara memanggil namanya atau suara-suara yang menenangkan.

Dalam hadis riwayat Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika ajal mendekati seseorang, maka ia mungkin akan mendengar