pengertian sepak bola menurut para ahli

Halo selamat datang di kasatmata.co.id. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas pengertian sepak bola menurut para ahli. Olahraga yang satu ini memang sangat populer di seluruh dunia, namun tahukah Anda apa sebenarnya definisi dari sepak bola? Mari kita simak penjelasannya bersama-sama.

Pengantar

Sepak bola merupakan permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya. Permainan sepak bola dilakukan di lapangan rumput berbentuk persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya.

Sejarah sepak bola sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Diperkirakan olahraga ini pertama kali dimainkan di Tiongkok pada abad ke-2 M dengan nama “tsu chu”. Permainan ini kemudian menyebar ke Eropa pada abad ke-19 dan mulai berkembang pesat di sana. Pada tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) didirikan dan menyusun aturan resmi untuk permainan sepak bola.

Hingga saat ini, sepak bola telah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Terdapat berbagai liga sepak bola profesional di berbagai negara, seperti Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Italia. Selain itu, terdapat juga turnamen internasional yang mempertemukan tim-tim terbaik dari seluruh dunia, seperti Piala Dunia dan Liga Champions.

1. Definisi Sepak Bola Menurut FIFA

Menurut Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), sepak bola adalah “permainan yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

2. Definisi Sepak Bola Menurut UEFA

Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

3. Definisi Sepak Bola Menurut Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA)

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

4. Definisi Sepak Bola Menurut Komite Olimpiade Internasional (IOC)

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

5. Definisi Sepak Bola Menurut Asosiasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF)

Asosiasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

6. Definisi Sepak Bola Menurut Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF)

Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

7. Definisi Sepak Bola Menurut Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mendefinisikan sepak bola sebagai “permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.”

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai definisi sepak bola yang dikemukakan oleh para ahli. Masing-masing definisi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut FIFA

Definisi sepak bola menurut FIFA jelas dan ringkas. Definisi ini juga diakui secara internasional sebagai definisi resmi dari olahraga sepak bola.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut FIFA

Definisi sepak bola menurut FIFA tidak menyebutkan tentang aspek-aspek teknis dari permainan, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, dan cara mencetak gol.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut UEFA

Definisi sepak bola menurut UEFA lebih komprehensif daripada definisi FIFA. Definisi ini mencakup aspek-aspek teknis dari permainan, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, dan cara mencetak gol.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut UEFA

Definisi sepak bola menurut UEFA tidak menyebutkan tentang tujuan dari permainan, yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut FA

Definisi sepak bola menurut FA jelas dan ringkas. Definisi ini juga mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut FA

Definisi sepak bola menurut FA tidak menyebutkan tentang aspek-aspek teknis dari permainan, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, dan cara mencetak gol.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut IOC

Definisi sepak bola menurut IOC juga jelas dan ringkas. Definisi ini juga diakui secara internasional sebagai definisi sepak bola dalam konteks Olimpiade.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut IOC

Definisi sepak bola menurut IOC tidak menyebutkan tentang tujuan dari permainan, yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut USSF

Definisi sepak bola menurut USSF cukup komprehensif dan mencakup aspek-aspek teknis dari permainan. Definisi ini juga mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut USSF

Definisi sepak bola menurut USSF tidak diakui secara internasional sebagai definisi resmi dari olahraga sepak bola.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut CAF

Definisi sepak bola menurut CAF jelas dan ringkas. Definisi ini juga diakui secara regional sebagai definisi sepak bola di wilayah Afrika.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut CAF

Definisi sepak bola menurut CAF tidak menyebutkan tentang tujuan dari permainan, yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Kelebihan Definisi Sepak Bola Menurut AFC

Definisi sepak bola menurut AFC jelas dan ringkas. Definisi ini juga diakui secara regional sebagai definisi sepak bola di wilayah Asia.

Kekurangan Definisi Sepak Bola Menurut AFC

Definisi sepak bola menurut AFC tidak menyebutkan tentang tujuan dari permainan, yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Tabel Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Organisasi Definisi
FIFA Permainan yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.
UEFA Permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.
FA Permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.
IOC Permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.
USSF Permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan dua gawang di setiap ujungnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.
CAF Permainan sepak bola asosiasi yang dimainkan antara dua tim yang